Breaking News:

latest

Ads Place

Aek Latong Bisa Dilalui Lagi Setelah Terjangan Banjir dan Longsor

Bataktive.com - Tapanuli Selatan, Sumatera Utara – Jalur Aek Latong, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), yang sempat terputus akibat banji...

Aek Latong Bisa Dilalui Lagi Setelah Terjang Banjir dan Longsor

Bataktive.com - Tapanuli Selatan, Sumatera Utara – Jalur Aek Latong, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), yang sempat terputus akibat banjir dan longsor pada Senin (30/9) malam, kini sudah dapat dilalui kembali. Kendati demikian, pengendara diimbau untuk tetap berhati-hati.

Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP Dahnial Saragih, menyatakan bahwa saat ini baru kendaraan roda dua dan mobil kecil yang diperbolehkan melintas di jalur tersebut. "Sudah bisa dilewati untuk mobil kecil, (sepeda motor) bisa tapi pelan-pelan," ujarnya, Selasa (1/10/2024).

Dahnial menjelaskan bahwa pihaknya bersama Balai Jalan Nasional telah bekerja keras membersihkan material longsor sejak semalam. "Sudah tadi malam sampai pagi sudah selesai kita bersihkan bekerjasama dengan pihak Balai Jalan Nasional menggunakan alat berat," ungkapnya.

Imbauan untuk Kendaraan Besar

Untuk kendaraan besar seperti bus dan truk, Dahnial menyarankan untuk mencari jalur alternatif lain, seperti melalui Sibolga atau Rantauprapat. Hal ini dikarenakan kondisi jalan di Batu Jomba yang masih labil akibat tanahnya yang mudah longsor dan cuaca ekstrem.

"Imbauan kita, kami sarankan untuk kendaraan besar truk dan bus sementara waktu untuk mencari jalur alternatif, baik melalui Sibolga atau Rantauprapat. Berhubung Batu Jomba saat ini jalannya masih dalam kondisi rusak karena faktor tanahnya yang labil ditambah cuaca musim penghujan dan saat ini masih dalam perbaikan," jelasnya.

Waspada Banjir Susulan

Dahnial juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi banjir dan longsor susulan, mengingat cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi. "Untuk mobil kecil dan sepeda motor melintasi Batu Jomba agar lebih berhati-hati, utamakan keselamatan dan ikuti arahan petugas di lapangan," pungkasnya.

Penyebab Banjir dan Longsor

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Aek Latong sejak sore hari mengakibatkan banjir dan longsor. Peristiwa ini terjadi di sekitar wilayah Aek Latong yang berdekatan dengan Batu Jomba.

#AekLatong #BanjirLongsor #Tapsel #SumateraUtara

No comments

Harap memberikan komentar yang mendukung kemajuan blog ini.
Terimakasih!!!

Iklan